• Home
  • Cara Membuat Es Sari Buah
Cara Membuat Es Sari Buah

Cara Membuat Es Sari Buah

Cara membuat es sari buah yang enak bisa buat keluarga betah di rumah loh…bukan hanya rasanya saja tetapi sari buah sangat baik di konsumsi karna memiliki beragam manfaat bagi tubuh

Apakah Kalian Tahu Apa Itu Sari buah?

happy little girl eating vegetable salad

Apa itu sari buah? Sari buah adalah salah satu olahan buah-buahan yang telah lama di kenal masyarakat

kandungan gizi yang tinggi, serta memiliki rasa yang menyegarkan, timbulnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan yang mendorong berkembangnya industri sari buah-buahan, sebagai pengganti minuman bersoda, kopi, atau teh.

Industri sari buah tropis berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini, dengan laju mencapai 20% per tahunnya (Irian, 2005). Sari buah merupakan hasil dari pemeprasan atau ekstraksi buah yang sudah di sariing. Pembuatan sari buah di utamakan untuk meningkatkan ketahan simpanan serta daya guna-buahan

Pembuatan sari buah dari setiap jenis buah, meskipun ada sedikit perbedaan tetapi prinsipnya tetap sama, yaitu dengan cara menghancurkan buah dan kemudian tekan agar di peroleh sarinya. Gula yang di tambahkan agar mendapatkan rasa manis.

Sari buah adalah minuman ringan yang di buat dari sari buah dan tanpa tambahan gula makanan yang di izinkan. keuntungan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi minuman sari buah atau jus yaitu mendapatkan kemudahan dalam membelinya.

Selain itu, konsentrasi yang cair dari sari buah memungkinkan zat-zat terlarutnya mudah di serap oleh tubuh. Di buat sari buah, dinding sel selulosa dari buah akan hancur dan larut sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh lambung dan saluran pencernaan pada tubuh.

 

Cara Membuat Es Sari Buah

Bahan-bahan  membuatan es sari buah:

  • Buah jambu biji
  • Air masak
  • Gula pasir
  • Asam sitrat
  • Es batu (secukupnya)
  • Pewarna makanan

Cara pembuatan es sari buah :

  1. Pilih jambu biji yang sudah matang dan sudah tua. dengan daging buahnya yang berwarna putih ataupun berwarna merah. Jangan pilih buah jambu yang masih keras atau mangkal karena buah yang masih kerasa berarti masih muda dan rasanya masih agak sepat karena banyak mengandunf zar tanin. dan jangan memilih jambu biji yang telah matang sekali karna buah yang terlalu matang mengandung pektin hanya sedikit sehingga dapat mengakibatkan konsenrari sari buahn yang kurang baik
  2. Kupas kulit jambu biji, kemudian buang bijinya
  3. Setelah itu cuci bersih, lalu haluskan dengan cara di parut atau di hancurkan dengan alat warring blender, kemudian tambahkan air secukupnya
  4. Sari buah yang di peroleh kemudian di takar
  5. Setiap liter sari buah yang di peroleh, di campur dengan 3 liter air masak yang telah di dinginkan
  6. Setiap liter sari buah jambu biji tambahkan 125 gram gula pasir dan 2 gram asam sitrat sari buah jambu biji berwarna yang menarik
  7. Sari buah di aduk-aduk terus sehingga gula pasir seluruhnya larur
  8. Lalu saring dengan menggunakan saringan kain yang bersih atau dengan saringan nylon yang halus
  9. Kemudian beri pewarna makanan berwarna merah hingga warna sari buah jambu biji tersebut menjadi warna merah muda
  10. Lalu tutup dengan rapat menggunakan Crown Curk
  11. Setelah itu di pasteurisasakan dengan cara merebus botol yang telah berisi sari buah tersebut ke dalam panci besar pada suhu sekitar 85 derajat
  12. Kemudian dinginkan dan diamkan selama 2 minggu untuk masa inkubasi jasad renik. Bila dalam waktu 2 minggu terdapat botol yang berisi sari buah jambu yang telah rusak, sebaiknya pisahkan dan jangan di konsumsi.
  13. Setelah itu siapkan gelas, taruh es batu secukupnya, dan tuang sari buah yang suda jadi

 

Syarat pembuatan sari buah

Cara membuat sari buah enak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
  1. Untuk mendapatkan sari buah yang baik dengan filtrat yang banyak, perlu di pilih buah-buahan yang cukup matang. Filtrat buah yaitu cairan yang berasal dari perasan buah.
  2. Bila menggunakan buah-buahan yang banyak mengandung air akan di peroleh filtrat yang lebih banyak. Meskipun demikian, buah-buahan dengan kadar air rendah juga dapat digunakan.
  3. Pilihlah buah-buahan dengan aroma yang kuat, agar aroma buah yang di hasilkan juga akan lebih tajam baunya.
  4. Penggunaan air bersih dan sehat sangat diperlukan karena sari buah merupakan salah satu jenis minuman. Penggunaan air yang tidak bersih dapat menyebabkan penyakit bagi orang yang meminumnya.
  5. Ruang pengolahan dan peralatan, baik sebelum maupun sesudah pengolahan harus di bersihkan dan steril. Penggunaan ruang dan alat yang tidak bersih dapat menyebabkan sari buah mudah rusak karena kuman atau mikroba dapat masuk ke dalam sari buah selama proses pengolahan.
  6. Bila menggunakan wadah sari buah dari gelas, botol, atau jenis wadah lainnya, sebaiknya wadah-wadah tersebut dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Cara membersihkan wadah dari plastik yaitu mencucinya dengan sabun sampai bersih, dibilas dengan air panas sebentar, kemudian di keringkan. Cara membersihkan wadah dari gelas, yaitu setelah di cuci dengan sabun dan di bilas kemudian di rebus selama 10-15 menit di dalam air mendidih.
  7. Penutup wadah setelah pengisian harus benar-benar rapat. Maksudnya, agar sari buah memiliki unsur simpan yang cukup lama.
  8. Buah-buahan yang mengandung getah dan mudah cokelat setelah pengupasan, misalnya buah pala, sebelum dilakukan penghancuran, sebaiknya dilakukan blanching. Arti blanching adalah memanaskan dalam waktu yang singkat.
Leave A Comment