• Home
  • Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih Ala Dapur Rumahan
Cara bikin sistik renyah dan gurih

Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih Ala Dapur Rumahan

Sistik. Yap nama makanan tersebut pasti sudah tidak terdengar asing kan di telinga anda ? Bentuknya yang panjang menyerupai tongkat tak heran jika orang – orang menyebutnya dengan istilah “sistik”. Tetapi tahukah anda cara bikin sitik renyah dan gurih ? Mari simak artikel di bawah ini

Sebelum masuk ke resep. Saya akan mengulas sedikit mengenai sistik

Apa Itu Sistik

Cara bikin sistik sistik renyah dan gurih

Sistik adalah salah satu jenis cemilan praktis yang berbentuk seperti pensil atau tongkat yang gurih, renyah tentunya sangat pas untuk ngemil, teman nge teh, ngopi, nonton TV bahkan teman ngumpul bersama keluarga tercinta.

Sistik terbuat dari bahan – bahan yang alami tanpa pengawet dan tambahan zat kimia berbahaya yang membahayakan tubuh. Jadi tak perlu khawatir untuk memakannya.

Cara membuat sistik ini terbilang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Bahan – bahan yang digunakan mudah didapat dan juga aman untuk kesehatan. Karena, minim pengawet. Berikut ini saya sajikan resep cara membuat sistik yang renyah dan gurih. Silahkan disimak

Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih

Bahan – Bahan :

  • 200 gram tepung terigu ( cap segitiga biru )
  • 25 gram tepung sagu
  • 100 ml santan
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 2 batang daun bawang
  • 500 ml minyak sayur
  • 1/2 sdt baking powder
  • garam secukupnya
  • Penyedap rasa ( royco )

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama yaitu siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, tepung sagu, baking powder, dan garam. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata. Sisihkan sejenak.
  2. Setelah itu, kupas bawang merah dan putih hingga bersih. Lalu haluskan
  3. Masukkan bawang merah dan bawang putih halus, garam dan royco ke dalam campuran tepung. Aduk dengan sampai tercampur rata.
  4. Selanjutnya, masukkan telur dan tuang santan perlahan. Aduk adonan sampai tepungnya larut dan menjadi adonan yang sedikit padat. Kemudian uleni adonan hingga kalis ( tidak lengket )
  5. Apabila adonan sistik sudah jadi, giling adonan dengan rolling pin hingga tipis. Kalau sudah, siapkan mesin penggiling yang biasa dibuat menggiling mi dan pasta.
  6. Setelah itu, giling kembali adonan dengan penggiling pasta. Lakukan sebanyak 2-3 kali penggilingan hingga licin. Hentikan kalau sudah mencapai ketebalan yang diinginkan.
  7. Jika anda tidak mempunyai rolling pin. Anda bisa menggilas adonan tersebut dengan botol sirup bekas. dan kemudian memotongnya kecil – kecil menggunakan pisau.
  8. Goreng adonan sistik hingga kuning kecokelatan dan mengapung. Segera angkat dan tiriskan sistik hingga tuntas.
  9. Sistik renyah siap dinikmati.

Untuk penyimpanannya, masukanlah stik kedalam toples yang kedap udara agar kerenyahan kue bawang tetap terjaga.

Bagaimana? cukup mudah bukan membuat stik bawang, dengan mencoba membuat stik bawang pastinya akan menambah variasi isian toples dimeja. Selain itu, bahan – bahan yang diperlukan juga sangat mudah untuk di dapatkan. Dan cara membuat stik bawang tidaklah ribet.

Berbekal resep dasar pembuatan stik bawang anda bisa berkreasi dan mengembangkan resep sehingga bisa menjadi ide bisnis baru bagi anda. Anda juga bisa mempelajari tentang cara menanam bawang putih di kebun.

Apabila anda tertarik untuk berbisnis kue bawang. Agar bisnis kue bawang yang Anda jalankan berjalan lancar Anda harus memasarkan kue bawang secara luas. Anda bisa menitipkan kue bawang di toko-toko yang berada di Kota Anda ataupun di Luar Kota. Dimasa pandemi seperti ini anda bisa juga menawarkan produk anda secara online misalkan lewat storry WhatsApp, Instagram, Twitter dan FaceBook.

Jangan lupa untuk mencoba mepraktekkan resep cara membuat sistik yang renyah dan gurih. Pastikan anda membuatnya dengan urut. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

 

 

Leave A Comment