• Home
  • Mudah ! Cara Membuat Klepon Enak dan Mudah Dirumah
cara membuat klepon

Mudah ! Cara Membuat Klepon Enak dan Mudah Dirumah

Cara Membuat Klepon – Klepon merupakan salah satu jenis kue atau makanan tradisional yang sangat populer di kalangan jajanan pinggir jalan. Kue ini berbentuk bola, terbuat dari tepung ketan dan diisi gula merah. Klepon sangat digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan enak. Selain itu kue klepon juga sering disajikan dengan berbagai macam kreasi resep klepon.

Proses pembuatan kue klepon juga relatif mudah dan praktis. Tidak hanya berbahan dasar tepung ketan saja, klepon juga bisa dibuat dengan berbagai bahan alami yang menyehatkan, Seperti singkong, ubi, bahkan labu. Karena klepon termasuk makanan yang dibuat dengan bahan alami. Yuk simak cara membuat klepon mudah dibawah ini..

Cara Membuat Klepon

cara membuat klepon

 

1. Cara Membuat Klepon Ubi Jalar Ungu

Resep pertama Klippon adalah ubi ungu. Kue ini termasuk dalam berbagai macam kue tradisional yang khas. Kue klepon merupakan salah satu jenis kue yang sangat populer dan istimewa di Indonesia.

Klepon umumnya terbuat dari tepung ketan dengan pewarna alami atau pewarna makanan. Akan tetapi sekarang kami akan menjelaskan cara membuat kue klepon ubi ungu ini.

Bahan-Bahan :

  • 120 gram tepung ketan
  • 400 gram ubi ungu
  • 50 gram gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • Kelapa parut secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Klepon Ubi Jalar Ungu :

  1. Terlebih dahulu siapkan adonan yang anda butuhkan, kemudian buat dan ratakan adonan kulit klepon bulat tersebut.
  2. Setelah itu beri isi gula merah sesuai takaran. Bungkus batu / gula merah menggunakan kulit klepon yang sudah disiapkan. Kemudian rebus airnya hingga mendidih.
  3. Kemudian rebus adonan hingga mengapung di atas permukaan air. Panaskan kembali hingga matang, lalu beri kelapa parut yang telah disiapkan bersama dengan gula dan garam secukupnya.
  4. Jika sudah, simpan kelapa parut di atas piring. Selanjutnya, gulingkan kue klepon yang sudah matang di atas kelapa parut. Lakukan ini sampai permukaan klepon tertutupi parutan kelapa.
  5. Setelah itu Anda bisa langsung menghidangkan atau menghidangkan kue klepon ini. Proses pembuatan klepon ubi ungu ini sudah selesai. Makan kue klepon akan semakin nikmat dan nikmat bila ditemani secangkir kopi atau teh hangat.

2. Cara Membuat Klepon Singkong

Bahan-Bahan :

  • 65 gram singkong parut
  • 60 gram kelapa muda parut
  • 1 sdt pasta pandan
  • 100 gram gula merah (iris)
  • kelapa muda (parut)
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Singkong Klepon :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah membuat adonan terlebih dahulu.
  2. Tuangkanlah santan ke dalam wadah, campuri singkong, garam, gula pasir, santan.
  3. Lalu tambahkan bahan dan tambahkan pewarna makanan pink alami. Kemudian aduk hingga merata.
  4. Kemudian ambil salah satu adonan untuk membuat dan ratakan adonan kulit klepon yang sudah bulat.
  5. Setelah itu beri isi gula merah sesuai takaran. Bungkus batu / gula merah menggunakan kulit klepon yang sudah disiapkan.
  6. Jika adonan sudah siap dan diisi gula merah, lalu kukus adonan klepon kurang lebih 20-30 menit.
  7. Tunggulah sampai adonan benar-benar matang, setelah matang keluarkan dan gulung lingkaran singkong klepon ke dalam parutan kelapa yang sudah di siapkan sebelumnya.
  8. Klepon siap untuk disajikan.

Tertarik untuk membuat klepon sendiri di rumah ? Cara membuat klepon ini pun terbilang mudah bukan, karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat klepon ini sangat mudah untuk anda cari sendiri di warung terdekat rumah anda. Selamat mencoba membuat klepon di rumah dan semoga berhasil.

Leave A Comment