• Home
  • Cara Menanam Melon di Sawah yang Benar Agar Tumbuh Subur
cara menanam melon di sawah

Cara Menanam Melon di Sawah yang Benar Agar Tumbuh Subur

Cara Menanam Melon Di Sawah yang benar agar tumbuh dengan subur sebenarnya sangat mudah dijalankan bahkan untuk pemula. Teman hanya perlu mencontoh tutorial yang benar dibawah ini agar tanaman teman bisa tumbuh dengan subur. Elemen yang mempengaruhi tanaman dapat tumbuh dengan subur sebetulnya ada banyak sekali.

Untuk peluang ini kita akan membagikan secara singkat bagian penting yang menjadi faktor supaya tanaman teman bisa tumbuh cocok keinginan teman. Karena itulah tutorial Cara Menanam Melon Di Sawah yang benar yakni salah satu unsur penting yang semestinya kalian kenal. Jadi kalian tak akan keluar banyak tarif sebab gagal panen, atau gagal tumbuh subur.

Cara Menanam Melon di Sawah

Biasanya tanah sawah dirawat dengan sangat teratur. Lahan atau tanah seperti ini sangat cocok untuk dijadikan lahan budidaya melon. Berikut ini langkah – langkah menanam melon di sawah :

1. Penyiapan Lahan Tanam

Dari lahan yang sebelumnya digunakan sebagai lahan menanam padi tersebut, buatlah saluran air dengan kedalaman sekitar 30 cm. Selain itu, buat juga bedengan dengan panjang yang menyesuaikan lahan dan lebarnya 1 meter.

Berikan jerami di lahan yang sudah disiapkan. Tunggu lahan hingga benar – benar siap untuk ditanami, jangan langsung menanam bibit melonnya.

2. Siapkan Pembibitan

Rendam bibit melon terlebih dahulu menggunakan air yang sudah dicampur fungisida selama 2 jam. Perhatikan juga media tanamnnya, apabila media tanamnya tanah, maka taburi terlebih dahulu dengan debu.

Berikan pelindung pada media tanam supaya terlindungo dari paparan sinar matahari. Jangan lupa menyiram media tanam setiap hari sampai hari ke-5, yang mana bibit sudah siap untuk ditanam.

3. Penanaman Bibit

Langkah selanjutnya, lembabkan lahan tanam terlebih dahulu menggunaikan pengairan selama kurang lebih 5 jam dan buang sisa air pengairannya. Kemudian masukkan bibit ke dalam lubang lahan yang telah dibuat. Jangan lupa untuk menyiramnya 2 kali seminggu.

4. Pemupukan

Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK. Cara memberikan pupuk adalah dengan ditaburkan. Pemberian pupuk ini dilakukan secara bertahap yaitu pada saa umur 10 hari, 25 hari, dan saat berbunga serta berbuah. Untuk takaran pupuk dapat disesuaikan dengan lahan yang digunakan.

5. Pemangkasan

Berikutnya adalah pemangkasan. Pemangkasan dilakukan pada pangkal cabang sampai leteral. Pada proses ini, sisakan satu buah saja yang paling besar dan pertumbuhannya sempurna. Selain itu, pastikan juga bahwa gulma dan parasit liar dibersihkan secara rutin.

6. Panen

Langkah yang terakhir adalah pemanenan. Panen biasanya dilakukan apabila melon sudah berumur 60-75 hari setelah ditanam. Pilihlah buah melon yang sudah matang atau siap dipanen dengan ciri – ciri sebagai berikut :

  • Berbau tajam
  • Terdapat retakan di tangkai buah
  • Warna buah yang matang berubah seperti buah yang matang pada umumnya

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

1. Baik untuk kesehatan jantung

Melon dapat membantu kesehatan jantung dengan dua cara. Pertama, dengan tingkat serat makanannya yang tinggi. Asupan serat yang cukup dapat membantu menurunkan kolesterol “jahat” dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari aterosklerosis. Melon kaya akan potasium yang memiliki efek vasodilator. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, atau serangan jantung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker

Manfaat buah melon ini dipengaruhi oleh tingginya kandungan vitamin C, vitamin A, serta karotenoid dan bioflavonoid. Semua ini bersifat antioksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Itu sebabnya makan melon dapat melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit, termasuk kanker. Selain itu, melon juga mengandung senyawa organik yang dikaitkan langsung dengan pengurangan kanker paru-paru, mulut, usus besar, dan payudara.

Penutup

Itu dahulu sementara yang bisa kita sampaikan bab seputar Cara Menanam Melon Di Sawah yang ideal supaya tumbuhan subur. Untuk tanaman tipe lain juga telah tersedia. Kalian dapat menerapkan kotak pencarian untuk mencara tutorial metode nenanam tanaman yang kalian cari.

Leave A Comment