• Home
  • Cara Memulai Bisnis Bawang Goreng
Bisnis bawang goreng

Cara Memulai Bisnis Bawang Goreng

Cara memulai bisnis bawang goreng adalah salah satu melakukan bisnis yang mungkin dapat meraup keuntungan lebih cepat. karena tidak membutuhkan keahlian khusus untuk memulai bisnis ini, hanya ketelatenan dan modal usaha yang perlu kamu pertimbagkan. Bisnis ini membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga, tergantung dari peralatan, bahan baku, dan sarana promosi yang kamu gunakan. Banyak ibu rumah tangga yang menekuni bisnis ini apalagi yang membutuhkan uang tambahan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika ingin memulai bisnis ini simak penjelasan dibawah ini. atau lebih lengkapnya disini analisa usaha bawang goreng

Bisnis Bawang Goreng

Kamu perlu memperhatikan apa saja yang harus disiapkan saat memulai bisnis bawang goreng, seperti:

1. Memilih Bahan Yang Berkualitas

Memilih bahan baku bawang goreng yang berkualitas dapat meningkatkan harga jual produk olahan. Dengan bahan baku yang berkualitas juga dapat menghasilkan bawang goreng yang enak dan lezat. Untuk mendapatkan bahan baku seperti ini kamu bisa membeli petani bawang atau bekerja sama dengan pengepul bawang agar kondisi bawang yang kamu dapat tetap segar. Selain bawang kamu juga harus memperhatikan kualitas bahan lain seperti minyak goreng, karena dikondisi sekarang ini harga minyak goreng naik dua kali lipat dari biasanya. Jadi kamu harus pintar dalam mencari minyak dengan harga murah tapi kualitasnya tetap oke. Dengan cara membeli dari reseller atau distributor minyak goreng. 

2. Alat dan Mesin 

Selain bahan bawang goreng, peralatan dan mesin untuk membuat bawang goreng juga harus kamu pertimbagkan. Karena peralatan dan mesin pasti dibutuhkan setiap saat. Untuk alat yang bisa kamu gunakan seperti pisau untuk bawang, talenan untuk alas bawang, wajan untuk wadah menggoreng bawang, dan alat alat lainnya. Agar pengerjaan bawang lebih cepat kamu juga bisa menggunakna mesin seperti, mesin pengupas bawang, mesin pemotong bawang, mesin penggoreng bawang, dan yang lainnya. Tetapi ada baiknya jika kamu baru memulai bisnis ini pakai lah alat alat yang ada terlebih dahulu. Agar memudahkan kamu dalam memulai bisnis bawang goreng.

3. Tempat Promosi Penjualan

Penjualan dan promosi kamu bisa melakukannya lewat sosial media, kerabat dekat, toko online, pameran makanan, dan lain lain. Cara ini dapat menarik para calon pembeli untuk membeli produk bawang goreng mu. Sekarang ini pengguna media sosial semakin banyak, kemungkinan besar produk bawang goreng yang kamu jual semakin banyak pembeli. Apalagi orang jaman sekarang maunya yang praktis-praktis jadi tinggal buka hp atau komputer, cari produk yang diinginkan, tekan, beli. Selain itu kamu juga harus memikirkan bentuk kemasan, gambar pada kemasan, slogan produk agar pembeli melihat produk yang kamu jual menarik.

4. Prospek Bisnis Bawang Goreng

Agar mendapat keuntungan dari bisnis bawang goreng ini kamu harus melihat harga bahan karena harganya kadang naik kadang turun. Bawang goreng bisa kamu jual dengan harga Rp 2.000 untuk kemasan plastik kecil dan Rp 15.000 – Rp 25.000 untuk kemasan aluminum ziplock.  Harga-harga tersebut mencakup kualitas bahan dan kemasan, Semakin bagus bawang goreng yang dihasilkan maka semakin tinggi juga harganya. Kemasan yang bagus juga dapat mempertahankan Bawang goreng dari kontaminasi bakteri. Keuntungan bisa kamu dapatkan setelah kurang lebih berbisnis bawang goreng ini.

Memulai bisnis bawang goreng dapat kamu lakukan kapan saja dan dimana saja. Tetapi kamu juga harus memikirkan modal dan keuntungan yang didapat dari bisnis ini. Siapa saja bisa melakukan bisnis ini asal ada kemauan, waktu, dan tenaga.

Sekian artikel tentang cara memulai bisnis bawang goreng, Apabila terdapat kesalahn dalam penulisan kata mohon maaf. Terimakasih…

 

Leave A Comment