• Home
  • Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Wajib Kamu Ketahui
Tips dan Trik Berjualan di Shopee

Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Wajib Kamu Ketahui

Tips dan Trik Berjualan di Shopee – Kamu salah satu dari pelaku usaha yang menjual produk pada plattform mobile marketplace Shopee? Sudah cukup lama Kamu merintis dan menjalankan bisnis jualan kamu di Shopee, tapi hasil penjualan sedari dulu cuma gitu – gitu aja?

Atau toko Kamu di Shopee sering banget sepi orderan? Jikalau iya, bisa jadi strategi jualan yang Kamu terapkan masih kurang tepat dan kurang maksimal. Jadi, masih belum mampu menjangkau banyaknya pengguna di platform jual beli Shopee ini.

Padahal aplikasi Shope adalah salah satu mobile marketplace paling populer di dunia. Berdasarkan laporan riset oleh iPrice, pada Q3 tahun 2020, aplikasi SHopee menduduki peringkat pertama sebagai marketplace dengan jumlah pengguna paling banyak, yaitu sekitar 96,5 juta pengguna.

Ketika melihat angka sebesar itu, sudah pasti ada yang salah jika Toko yang Kamu kelola kesepian orderan. Hal itu pasti disebabkan oleh strategi jualan yang Kamu gunakan kurang tepat dan tidak maksimal. Jika menggunakan cara yang tepat, pasti hasilnya akan berbanding terbalik, toko Kamu dapat meraup keuntungan lebih besar.

Ngomong – ngomong soal bisnis jualan di Shopee, dilansir dari website resmi Shopee, berikut ini adalah beberapa tips dan trik berjualan di Shopee yang sudah kami rangkumkan spesial untuk kamu. Semoga dengan ini, toko Kamu bisa lebih ramai dan banjir orderan, simak selengkapnya di bawah ini.

Strategi dan Tips Sukses Jualan Online Shop di Shopee

Sudah semestinya merintis dan menjalankan bisnis jualan di Shopee tidak hanya sekadar membuka toko, mengunggah produk dan menunggu pelanggan datang membeli produk Kamu. Kamu tidak bisa cuma dam saja menunggu produkmu dibeli. Di luar sana banyak toko kompetitor yang menggunakan berbagai macam strategi untuk meramaikan trafficnya.

Pastinya Kamu juga ingin kan traffic toko Kamu ramai dan banjir orderan. Kamu gak bisa cuma diem aja. Melihat toko kompetitor sebelah Kamu sukses besar, sedangkan kamu hanya melongo menunggu produkmu dibeli.

Misal toko kompetitor kamu menjual produk yang serupa dengan Kamu, tapi mereka lebih sukses. Nah itu pasti dikarenakan mereka menggunakan tips dan trik jualan di Shopee tertentu sebagai strategi berjualan mereka.

Pas banget kamu dateng ke sini. Di sini kamu bakalan mengetahui dan memahami strategi, tips dan trik berjualan di Shopee. Semoga sukses, simak berikut ini.

1. Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Pertama, Pasanglah Harga yang Kompetitif

Saat seorang konsumen mencari sebuah produk di platform marketplace online, misal Kamu yang jadi konsumennya. Pastinya Kamu akan mencari sebuah toko yang menjual produk yang Kamu cari dengan harga yang paling murah tetapi dengan kualitas yang terbaik.

Kamu juga bisa menerapkan mindset itu pada cara Kamu menjalankan toko Kamu di Shopee. Pikirkanlah dengan betul – betul harga produk yang akan kamu pasang. Perhatikan pasar, apakah harga yang kamu pasang sudah kompetitif atau belum. Sudah mampu bersaing dengan harga produk serupa dari toko yang lain atau belum.

Intinya, pastikanlah harga produk yang Kamu pasang tidak kemahalan karna akan membuat konsumen enggan membeli. Juga akan membuat konsumen berpindah toko mencari harga yang lebih murah. Namun, juga jangan terlalu murah karna konsumen Kamu akan ragu dengan kualitas produk yang kamu jual.

2.Tips dan Trik Berjualan di Shopee Selanjutnya, Pasanglah Informasi Produk yang Akurat

Saat Kamu mengupload setiap produk yang akan Kamu jual di platform Shopee, pastikan Kamu sudah mengisi seluruh informasi mengenai produk Kamu secara lengkap dan juga akurat.

Pastikan juga untuk menggunakan foto – foto produk yang jelas dan bagus dengan  berbagai macam sudut pengambilan gambar dari produk yang akan Kamu upload di toko Shopee Kamu.

Sebaiknya ketika Kamu akan menulis judul produk Kamu berilah nama produk yang terstrukutur rapi, contohnya adalah Merk + Model Produk + Spesifikasi + Ukuran.

Selain itu, pada bagian deskripsi produk perlu kamu perhatikan. Tuliskanlah penjelasan detail mengenai produk yang Kamu jual secara informatif dan komunikatif. Jangan bertele – tele menjelaskan produkmu, gunakan bahasa yang singkat, mudah dipahami, dan informatif.

Kamu dapat menjelaskan spesifikasi produk, kegunaan produk, dan juga masa garansi produk dengan pilihan kata – kata yang menarik

3. Perbanyaklah Variasi Jenis Produk yang Bakal Kamu Jual di Toko Shopee Kamu

Mampu dengan bebas memilih sekian banyak variasi dari suatu produk yang mereka cari merupakan salah satu hal yang disukai konsumen. Hal ini memiliki keseruan tersendiri dan menambah kesenangan pengalaman berbelanja online bagi konsumen.

Oleh karena itu, perbanyaklah variasi produk yang akan Kamu jual di toko Shopee Kamu. Variasi dan jenis produk yang bisa tambahkan adalah misalnya berbagai macam warna, ukuran atau pun motif.

Semakin banyak dan lengkap variasi jenis produk yang Kamu jual, kesempatan toko Kamu untuk mendapatkan lebih banyak konsumen juga lebih besar.

4. Salah Satu Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Penting, Gunakan Fitur Naikkan Produk

Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan fitur Naikkan Produk, Kamu bisa membuat produk yang Kamu jual bisa tertampil pada hasil pencarian teratas konsumen. Hal ini juga memberikan peningkatan pada kesempatan produk Kamu akan dilihat oleh lebih banyak konsumen.

Fitur Naikkan Produk bisa kamu gunakan hingga 5 produk, selama periode 4 jam sekali. Untuk menaikkan produk via aplikasi, caranya adalah masik ke aplikasi Shopee. Klik menu Saya masuk ke Toko Saya, scroll ke bawah, pilih produk, lalu klik Naikkan Produk.

Untuk menaikkan produk Kamu via Shopee Seller Centre via website Shopee, klik pada Produk Saya lalu pilih produk. Klik ikon dengan 3 titik di sebelah pojok kanan bawah produk lalu klik Naikkan Produk.

5. Daftarkanlah Produk – Produk Kamu pada Fitur Gratis Ongkir

Mendapatkan keuntungan gratis ongkir ketika belanja adalah salah satu hal yang sangat menjadi favorit bagi banyak konsumen di Shopee. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mengandalkan fitur Gratis Ongkir Xtra yang sudah disediakan Shopee.

Untuk mengaktifkan fiitur ini, masuklah ke aplikasi Shopee pada handphone Kamu. Pilih pada menu Gratis Ongkir Xtra di Laman Utama, lalu pilih menu Semua Gratis Ongkir. Lalu scroll sampai bawah dan klik Daftar Sekarang. Isihlah formulir dengan lengkap dan pengajuan Gratis Ongkir akan diproses kurang lebih selama 1 hari kerja.

6. Buatlah Voucher Toko Shopee untuk Menarik Banyak Konsumen

Siapapun orangnya pasti tidak akan menolak adanya diskon atau promosi ketika sedang belanja. Nah, untuk menarik lebih banyak konsumen, Kamu dapat menggunakan fitur ini. Menghadirkan diskon atau promosi pada produkk – produk yang Kamu jual dengan fitur bernama Voucher Toko.

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik pada Promosi Saya, pilih Voucher Toko Saya dan klik Buat Voucher Baru untuk membuat voucher toko via Shopee Seller Centre. Klik pada menu saya, Toko Saya, Promosi Saya dan Voucher untuk membuat voucher toko lewat aplikasi Shopee.

7. Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Terakhir adalah Lakukan Promosi ke Media Sosial

Manfaatkan media sosial yang Kamu punya, misal Instagram, Facebook, TikTok, atau Twitter sebagai media promosi. Kamu bisa memanfaatkan medsos kamu ini untuk memperkenalkan atau mempromosikan secara luas toko online beserta produk – produk yang Kamu jual.

Upload produk – produk yang Kamu jual dan ajaklah pengikut atau teman – temanmu untuk mengunjungi toko online Kamu melalui sebuah link promosi khusus.

Kamu bisa menampilkan link toko online yang Kamu miliki pada bagian bio media sosial Kamu. Sehingga calon konsumen dapat lebih mudah mengakses toko online yang Kamu miliki.

Gitu deh tips dan trik berjualan di Shopee, mudah dipahami bukan? Semoga kamu paham dan bisa sukses setelah menerapkan tips dan trik ini ya. Selamat mencoba!

Leave A Comment