• Home
  • Cara Buat Bawang Goreng Tahan Lama Saat Proses Penyimpanan
Buat bawang goreng tahan lama

Cara Buat Bawang Goreng Tahan Lama Saat Proses Penyimpanan

Buat bawang goreng tahan lama,  yang baik dan berkualitas biasnya menggunakan bahan baku yang masih segar dan baik kondisinya. Proses pemasakan bawang goreng juga perlu diperhatikan, karena itu juga berpengaruh pada ketahanan bawang goreng. Apalagi penyimpanan itu adalah hal yang sangat penting bagi makanan agar tidak mudah basi dan berjamur. Sama halnya dengan bawang goreng agar tetap tahan lama kamu juga perlu memperhatikan tempat penyimpanannya.

Cara Buat Bawang Goreng Tahan Lama Saat Proses Penyimpanan

Bawang goreng adalah makanan yang sering kita jumpai dimana-mana. Bahkan makanan ini sering dijadikan tambahan pada bumbu masakan. Banyak orang belum tau bahwa bawang goreng bisa tahan satu samapai dua tahun jika disimpan ditempat yang benar. Untuk itu ini dia cara membuatnya.

1. Cara Buat Bawang Goreng Tahan Lama

Buat bawang goreng tahan lama

Bawang goreng bisa tahan lama karena proses memasaknya ditambahkan dengan bahan-bahan tertentu seperti soda kue, cuka atau tepung. Membuatnya mudah saja kamu hanya perlu melihat resep dibawah ini. Untuk penjelasan lebih lengkap cara buat bawang goreng renyah tahan lama disini.

Bahan-bahan :

  • Bawang merah
  • Soda kue
  • Cuka
  • Garam
  • Air
  • Minyak goreng

Cara Buatnya :

  1. Siapkan bawang merah yang sudah dikupas dan dipotong tipis.
  2. Cuci bawang sampai bersih.
  3. Keringkan bawang lalu tambahkan sedikit cuka dan soda kue.
  4. Remas bawang sampai semua lendir keluar.
  5. panaskan minyak goreng sampai panas.
  6. Masukkan bawang yang sudah diberi soda kue dan cuka tadi.
  7. Goreng bawang sampai benar benar kering.
  8. Setelah bawang matang angkat dan tiriskan.
  9. Dinginkan bawang terlebih dahulu lalu bisa dimasukkan kedalam wadah.

2.Tempat dan Wadah Untuk Menyimpan Bawang Goreng

Buat bawang goreng tahan lama

Bawang goreng bis kamu simpan di wadah-wadah yang kedap udara atau wadah yang gelap dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Seperti wadah berikut ini

  1. Toples kedap udara, menggunakan toples yang kedap udara bisa membantumu untuk menyimpan bawang goreng agar lebih tahan lama. Karena toples tidak bisa dimasuki oleh udara yang kurang bersih atau bakteri penyebab makanan berjamur. Dan pastikan juga toples yang kamu gunakan kering atau kamu bisa memberi alas berupa tisu atau kertas minyak.
  2. Plastik ziplock, Plastik ini biasa digunakan para pedagang bawang goreng agar bawang yang mereka jual tetap kering dan tidak mudah terkena bakteri. Plastik ziplock juga bisa kamu jadikan tempat untuk menyimpan makanan lain. Fungsi ziplock pada bagian atas plastik bergunak untuk menahan udara kotor yang masuk kedalam bawang goreng atau makanan lain.
  3. Kulkas, Kulkas bisa kamu jadikan tempat untuk menyimpan bawang goreng karena kulkas memiliki suhu dingin yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Kulkas juga berfungsi untuk menyimpan makanan-makanan lainnya.
  4. Tempat Gelap, menyimpan makanan seperti bawang goreng ditempat yang gelap bisa mengatasi kelembaban udara yang menyebabkan bawang goreng berair. Harus dipastikan tempat gelap yang kamu pilih tidak berada dibawah sinar matahari langsung. Karena panas yang dihasilkan matahari dapat membuat suhu menjadi panas dan lembab. Tempat gelap yang dimaksud seperti dibawah dispenser minum, lemari makanan, kemasan aluminium foil dan lain lain.

Setelah memakai tempat dan wadah seperti diatas tetap pastikan bawang goreng yang ingin kamu simpan kering dan tidak berminyak. Bawang goreng yang kering dan tidak berminyak dapat membantu ketahanan dan menghambat munculnya bakteri dan jamur. Kamu dapat melihat cara membuat bawang goreng tidak berminyak  disini

Sekian penjelasan tentang cara buat bawang goreng tahan lama saat disimpan berikut. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan kata mohon maaf dan terimakasih.

 

 

 

Leave A Comment