• Home
  • Tips Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Berminyak Memakai Mesin
Tips menggoreng bawang merah agar tidak berminyak

Tips Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Berminyak Memakai Mesin

Tips menggoreng bawang merah agar tidak berminyak mempunyai berbagai macam cara seperti menggunakan mesin. Mesin penggoreng bawang bisa berberupa mesin industri atau rumahan, tergantung jenis mesin apa yang kamu pilih. Dengan menggoreng bawang merah menggunakan mesin kamu tidak perlu lagi membeli minyak goreng. Mesin sudah mmiliki energi panas dan hasil dari penggorengan sama seperti digoreng pakai minyak. Selain itu juga keuntungan dari menggoreng menggunakan mesin kamu tidak akan mengonsumsi bawang merah goreng yang berminyak. Berikut tips dan cara yang bisa kamu gunakan.

Tips Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Berminyak

1. Menggoreng Bawang Merah Tidak Berminyak

Tips menggoreng bawang merah agar tidak berminyak

Untuk mengoreng bawang agar tidak berminyak perlu kamu ketahui terlebih dahulu mesin dan caranya. Agar memudahkan kamu dalam proses pemasakan nantinya. Bahan yang kamu perlukan juga tidak banyak cukup kamu siapkan bahan utamanya dan bahan pelengkap lain seperti dibawah.

Bahan-bahan :

  • Bawang merah
  • Garam
  • Penyedap
  • Air

Mesin Penggoreng :

  • Air fryer

Cara Membuatnya :

  1. Bawang merah yang sudah dikupas kemudian dicuci bersih.
  2. Potong bawang merah tipis-tipis.
  3. Kemudian panaskan airfryer dengan suhu 180°C selama 30 detik saja.
  4. Setelah itu masukkan bawang merah kedalam airfryer dengan suhu yang sama selama 5 menit.
  5. Setelah bawang merah termasak selama 5 menit, bawang kemudian diberi garam dan penyedap.
  6. Lalu bawang dimasak lagi 10 menit.
  7. Setelah mesin berbunyi tandanya bawang sudah matang.

2. Mesin Penggoreng Bawang Merah

Mesin yang digunkan untuk menggoreng bawang bisa berjenis mesin industri atau mesin rumahan seperti air fryer. Tak hanya air fryer mesin penggooreng memiliki berbagai macam bentuk dan cara kerja yang berbeda beda. Berikut adalah contoh mesinnya.

  1. Air Fryer, Mesin kekinian ini bisa digunakan untuk menggoreng makanan apapun seperti bawang merah. Airfryer memiliki bentuk yang kecil sehingga mesin ini berjenis mesin rumahan. Selain itu mesin ini juga bisa untuk menghangatkan makanan. Cara kerja mesin ini menghantarkan panas dari kipas sehingga suhu panas yang dihasilkan menyebar keseluruh bahan makanan pada saat proses penggorengan. Mesin ini juga sangat mudah didapat, sekarang ini banyak toko elektronik yang menjualnya.
  2. Dehydrator, Memiliki 2 jenis bentuk mesin yaitu mesin industri dan rumahan. Dehydrator rumahan memiliki bentuk yang kecil seperti steamer, tetapi dengan cara kerja yang berbeda. Jika steamer menggunakan air untuk proses memasaknya, dehydrator tidak menggunakan air sama sekali walaupun sama sama menghasilkan energi panas. Dehydrator bekerja dengan cara menyebarkan suhu panas ke makanan dan mengeluarkan lagi suhu panas tersebut melalui ventilasi udara yang terapat pada mesin.
  3. Spinner, sebenarnya adalah mesin peniris minyak. Mesin ini biasanya digunakan para ppembuat bawang goreng dengan jumlah yang besar. Mesin ini hanya bisa digunakan untuk meniriskan minyak pada makanan, jadi setelah makanan digoreng kemudian dimasukkan kedalam mesin spinner. Mesin bekerja secara berputar dan akan menggeluarkan minyak yang terkandung dimakanan. Minyak akan jatuh dan mengalir pada corong yang tersedia dimesin. Minyak tersebut juga masih bisa digunakan.

3. Kelebihan dan Kekurangan Memakai Mesin Penggoreng 

  1. Kelebihan dari menggunakan mesin penggoreng dan mesin peniris minyak dapat menggurangi penggunaan minyak yang berlebih dan juga sekarang ini minyak goreng harganya naik. Mengonsumsi makanan yang berminyak juga tidak baik untuk kesehatan. Dan pastinya menggunakan mesin membuat pengerjaan lebih mudah dan praktis.
  2. Kekurangan memakai mesin penggoreng dan mesin peniris minyak yaitu membuat biaya listrik meningkat karena energi atau daya listrik yang dibutuhkan sangatlah besar.

Salah satu cara menggoreng bawang merah agar tidak berminyak yaitu menggunakan mesin atau kamu juga bisa menggoreng dan meniriskannya manual menggunakan tisu atau kertas minyak. Tetapi hal itu tidak bisa membuat minyak dari makanan tidak tertiris secara maksimal. Untuk lebih lengkap cara menggoreng atau membuat bawang goreng agar tidak berminyak kamu dapat melihat dan klik kata yang berwarna tersebut.

Sekian artikel tentang Tips Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Berminyak Memakai Mesin diatas dan selanjutnya kamu bisa membaca artikel tentang cara membuat ayam goreng bawang putih di sini. Bila terdapat kesalahan pada penulisan kata mohon maaf dan terimakasih.

 

Leave A Comment