• Home
  • Resep Cara Membuat Samosa Ayam Enak dan Mudah
cara membuat samosa ayam

Resep Cara Membuat Samosa Ayam Enak dan Mudah

Samosa ayam, makanan yang mungkin sedikit asing di telinga anda. Makanan ini berbentuk segitiga dan juga diberi isian didalamnya,penasaran bukan ? Yuk cobain resep cara membuat samosa ayam berikut ini. Sebelum menuju ke resep ada sedikit penjelasan mengenai samosa ayam.

Apa Samosa Itu ?

Samosa berbentuk segitiga dan merupakan camilan paling terkenal dan favorit orang yang tinggal di Asia Selatan (terutama India). Isi dari camilan enak ini biasanya meliputi kentang yang dibumbui, bawang bombay, kacang polong, daging sapi atau ayam. Ada juga Samosa yang diisi dengan aneka sayuran bahkan makanan vegetarian lainnya. Salah satu ciri khas dari jajanan ini adalah isinya yang biasanya menggunakan bumbu kari.

Samosa memiliki wujud berbetuk segitiga, memiliki kulit tepung yang gurih dan sedikit krispi serta empuk. Rasanya sangat nikmat apalagi dipadukan dengan isiannya yang konon katanya merupakan campuran kari kering yang dimasukkan dalam tepung. Makanan ini merupakan salah satu snack yang populer dari negara india. Sesuai dengan namanya yang bernuansa india. Rasanya pun juga bernuansa india karena memang makanan ini berasal dari negara India sob

Adapun cara membuat adonan ini sangat mirip dengan membuat adonan yang lembut. Setelah semua bahan tercampur rata, diamkan beberapa saat lalu giling perlahan hingga membentuk kulit yang tertutup. Masakan khas India ini sudah dikenal luas hampir di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Sekarang, tidak sulit mencari jajanan Samosa, karena bisa dibeli hampir di setiap cake atau bakery.

Samosa, samsa, atau somsa adalah kue kering yang digoreng dalam bentuk segitiga. Isiannya adalah kentang rebus dengan bumbu, dicampur dengan kacang polong, bawang bombay, ketumbar, dan terkadang keju. Jajanan ini sangat populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Jazirah Arab.

Cara Membuat Samosa Ayam

Bahan Kulit  :

  • 2 sendok teh garam;
  • 650 gr tepung terigu serbaguna;
  • 3 sendok makan minyak goreng;
  • kaldu bubuk masako atau royco bubuk rasa sapi
  • 320 ml air.

Bahan Isian  :

  • 3 sendok makan bubuk kari instan;
  • 6 buah bawang bombay;
  • 750 gr ayam cincang;
  • 4 siung bawang putih;
  • 1 sendok makan gula;
  • 2 genggam bawang daun;
  • 1 sendok teh lada bubuk;
  • 2 sendok teh garam

Cara Membuat Samosa Ayam :

  1. Membuat kulit: Campur semua bahan kulit, uleni hingga halus, lalu didiamkan selama 30 menit.
  2. Setelah selesai, bagi adonan menjadi 4 bagian, masing-masing bagian dibagi menjadi 5 bagian, lalu dibulatkan (total 20 lingkaran adonan tepung)
  3. Ambil 5 lingkaran dan ratakan. Sekarang, kita memiliki 5 lembar adonan kulit, 4 lembar di atas, ditaburi tepung di atas adonan, dan ditaburi di atas adonan lainnya, dan setiap lingkaran adonan ditumpuk satu kali, dan di atasnya ada 1 lembar yang belum diltaburi tepung.
  4. intinya dilapisi 2 lapis kulit lalu dibentuk segitiga
  5. Potong ujung-ujungnya, lalu giling 5 tumpukan kertas menjadi lingkaran tipis pada saat bersamaan, lalu panggang dengan teflon panas dengan api kecil.
  6. Panggang setiap sisi hingga 2 menit, lalu buang ujungnya dan potong persegi. Potong menjadi 3 bagian persegi panjang (kertas vertikal)
  7. Pisahkan setiap lembar kulit tersebut agar tidak lengket.
  8. Pisahkan setiap lembar kertas. Bisa langsung digunakan, atau bisa disimpan setelah dibungkus di lemari es.
  9. Tumis bawang putih cincang, masukkan bawang bombay potong dadu, lalu tambahkan ayam cincang, bumbu halus dan gula garam. Ayam tidak perlu mengeluarkan air, karena ayam akan mengeluarkan air. Masak sampai ayam renyah (cairan diam). Matikan kompor, lalu tambahkan daun bawang iris tipis.
  10. bentuk ujung kulit menjadi kerucut, isi dengan filler, lipat menjadi segitiga, lalu rekatkan kedua ujungnya dengan tepung + air sebagai perekat,
  11. Samosa bisa langsung digoreng atau disimpan di lemari es (taruh di wadah kedap udara)
  12. Setelah digoreng samosa bisa langsung disajikan dengan hangat diatas piring saji

Bagaimana tertarik untuk mencoba cara membuat samosa ayam sendiri dirumah ? Makanan ini sangat cocok disajikan saat sedang berkumpul bersama dengan keluarga. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave A Comment