• Home
  • Error 404 Not Found, Apa itu dan Cara mengatasi dengan Benar di Website
error 404 not found

Error 404 Not Found, Apa itu dan Cara mengatasi dengan Benar di Website

Error 404 Not Found adalah sebuah kode yang keluar ketika Anda sedang membuka sebuah halaman situs yang tidak dapat Anda temukan. Tampilan pesan error yang muncul dapat terlihat bermacam-macam, seperti 404 not found, HTTP 404, 404 error, dan lain sebagainya. Pesan error ini sudah terbaca dari berbagai jenis browser ketika halaman web yang sedang Anda buka tidak dapat di akses.

Kemunculan 404 not found itu salah satu yang berdampak signitifikan terhadap pengguna karena bisa saja hal ini meningkatkan bounce rate. Oleh karena itu, pemilik situs agar cepat mengatasi kode error ini. Mari kita simak baik-baik.

Apa Itu Error 404 Not Found?

error 404 not found

Error 404 Not Found merupakan kode status (Hypertext Transfer Protocol) HTTP yang menunjukkan bahwa server tidak dapat menemukan halaman atau sumber daya yang diminta oleh pemakai. Saat Anda memasukkan URL di browser, browser akan mengirimkan permintaan ke server. Kalau server tidak dapat menemukan halaman yang diminta, maka akan mengembalikan pesan Error 404.

Sebab bisa dikarenakan halaman tersebut telah dihapus oleh administrator ataupun pengguna yang salah memasukkan alamat situs yang dituju.

Cara Mengatasi Kode 404 Not Found

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi kode error 404 ini:

  • Periksa Penulisan URL

Supaya terhindar dari pesan error tersebut, coba cak penulisan URL di IP Address bar. Pastikan kamu tidak salah ketik dalam bentuk apapun. Entah itu kesalahan penulisan ekstensi, salah penulisan tanda baca, atau huruf yang berdobel.

  • Refresh Halaman

Cara yang termudah selanjutnya adalah me road halaman atau refresh halaman web. Kamu bisa melakukannya dengan memencet tombol F5 pada keyboard. Risalah yang lainnya ialah dengan menekan tombol refresh persis di sebelah kiri address bar pada chrome..

  • Menghapus Cache

Kemudian kamu bisa mencoba hapus cache pada browser. Banyak sekali masalah yang terjadi pada website akibat cache yang menumpuk.Untuk mengetahui kalau masalah kode 404 yang disebabkan oleh cache atau bukan, Anda bisa mencoba membuka situs melalui perangkat lain.

Jika ternyata tidak bermasalah, bisa jadi penyebab munculnya error tersebut karena cache yang menumpuk di laptop atau komputer kamu. Langsung hapus cache chrome dan cookies dari laptop agar situs dapat diakses kembali.

  • Matikan Plugin dan Tema

Kepada pengguna atau pemilik akun situs WordPress, masalah kodeĀ 404 bisa diatasi dengan menonaktifkan plugin dan tema.

Kamu tentu sudah mengetahui caranya, adalah dengan membuka dashboard WordPress, selanjutnya cari plugin atau tema, dan pilih opsi untuk menonaktifkan.

  • Update File .Htaccess

Pada beberapa penyebab, kode Error 404 Not Found bisa juga membuat kamu tidak bisa mengakses dashboard situs. Ini tentu bisa membuat kamu kesulitan untuk melakukan reset permalink. Pada keadaan yang seperti ini, kamu dapat memperbaikinya dengan melakukan update file .htaccess. pada hosting yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai apa itu Error 404 Not Found dan cara mengatasiya. Pada umumnya, kode 404 Not Found ini memang muncul bukan karena permasalahan yang sulit ditangani bisa juga mudah ditangani. Meski begitu, kemunculan kode tersebut tetap saja bisa mengganggu aktivitas pengguna di dunia maya.

Dengan lima langkah mengatasi kode 404 di atas, kamu bisa menyelesaikan masalah secepat mungkin. Alhasil kamu bisa menghindari kehilangan trafik situs.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi error 404 di WordPress. Apabila Anda membutuhkan panduan mengatasi error-error lain di WordPress, tidak perlu khawatir karena kami sudah merangkumnya dalam Arti Kode Error 404.

Leave A Comment