• Home
  • 9 Jenis Rumput Untuk Rumah

9 Jenis Rumput Untuk Rumah

Jenis Rumput Untuk Rumah

Rumput tidak hanya sekedar tanaman liar yang tumbuh, namun juga memiliki jenis tersendiri, apa saja jenis rumput untuk rumah? ini artikelnya!

Pengertian Rumput

Rumput atau dalam bahasa Inggris disebut dengan grass merupakan tumbuhan dengan jenis monokotil yang mempunyai daun memiliki bentuk sempit berbentuk runcing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput sering sekali ditanam untuk menjadi tanaman hias, tanaman obat, maupun pakan ternak. Akan tetapi di sisi lain, rumput yang tumbuh di area lahan pertanian memiliki sifat mengganggu pada saat proses pertumbuhan tanaman utama sehingga sering disebut juga dengan tanaman yang mengganggu (gulma). Beberapa contoh rumput yang umum ditanam di Indonesia diantaranya adalah rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, rumput manila, rumput teki, rumput kucai, serta rumput ilalang.

9 Jenis Rumput Untuk Rumah

1. Rumput Teki

Rumput teki menggemari tempat yang dalam keaadaan kering, namun juga basah seperti area yang berada di pinggiran sungai, kanal, serta persawahan. Jenis Rumput teki umumnya dapat tumbuh menjadi tinggi sampai mencapai 140 cm. Walaupun sering dianggap menjadi rumput liar, kalian dapat menggunakan rumput teki untuk menjadi penghias di taman. Daun serta batang yang panjang dapat dijadikan sebagai sentuhan menarik apabila dipadukan bersama dengan rumput-rumput kecil yang ada di sekitarnya.

Apabila kalian melakukan penanaman rumput teki di taman rumah, usahakan untuk selalu membuatnya rapi dengan cara berkala supaya tidak mengganggu tanaman lain. Hal ini disebabkan karena rumput ini berkembang secara cepat serta akarnya dapat menjulur ke mana-mana.

2. Rumput Jepang

Walaupun memiliki nama rumput Jepang, rumput yang satu ini kabarnya tidak berasal dari negeri sakura tersebut. Rumput Jepang mempunyai bentuk yang meruncing, kurus, serta tipis sehingga dapat menjadi terasa menusuk apabila siapapun mendudukinya. Rumput yang satu ini tumbuh dengan rapi dan juga rapat. Karakter tersebut menjadikan rumput yang satu ini dijadikan sebagai primadona di antara rumput hias dari jenis yang lainnya.

Rumput Jepang tidak perlu untuk terlalu sering dipangkas disebabkan karena pertumbuhannya sedikit agak lambat. Akan tetapi kalian perlu unruk selalu rutin melakukan penyiraman serta memberi pupuk supaya rumput yang satu ini tidak berubah menjadi kuning.

3. Rumput Mamalia

Rumput Manila adalah salah satu jenis rumput dengan memiliki kualitas yang tinggi. Jenis Rumput yang satu ini meiliki warna hijau pekat, mempunyai kekuatan serta elastisitas yang baik, serta tahan terhadap pijakan kaki. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan tepat supaya dapat melapisi bagian lapangan sepakbola. Akan tetapi, rumput Manila memerlukan perawatan rutin yang lumayan ekstra. Kalian perlu untuk selau rutin dalam melakukan pemangkasan, memberi pupuk, serta menyiraminya dengan teratur.

4. Rumput Swiss

Rumput Swiss merupakan jenis rumput yang mempunyai tekstur paling halus di antara rumput dari jenis yang lainnya. Jenis rumput yang satu ini terlihat lebih rapi, sehingga cocok untuk menjadi penghias taman yang kalian idamkan. Walaupun hanya ditanami dengan menggunakan rumput Swiss, mempunyai taman di halaman rumah dapat memberikan beragam manfaat untuk kalian.

Untuk kalian yang ingin melakukan penanaman rumput Swiss di area taman, kalian harus siap untuk melakukan perawatan yang terbilang cukup ekstra. Diawali dari pemangkasan rumput minimal sekali dalam waktu sebulan, memberikan pupuk, hingga pencahayaan minimal sebesar 80 persen.Akan tetapi, usaha yang kalian keluarkan setara dengan keindahan yang ditampilkan dari rumputnya. Tampilan yang indah dapat menjadikan harga yang dibanderol dari rumput ini lumayan tinggi. Apabila disesuaikan dengan bujet yang kalian miliki, tidak ada salahnya memakai rumput Swiss supaya membuat tambah cantik taman kalian.

5. Rumput Peking

Karakter yang ada pada rumput peking sama seperti rumput Jepang, yakni berupa helaian daunnya kurus, runcing, serta rapi. Akan tetapi, dibandingkan dengan rumput Jepang, rumput peking tumbuh dengan cara yang jarang-jarang. Tahap dalam merawat rumput peking relatif mudah untuk dilakukan, yakni dipangkas dengan cara rutin dalam dua bulan sekali serta diberikan pupuk supaya rumput tidak menjadi kering.

6. Rumput Babat

Rumput babat bisa juga dipanggil dengan rumput golf disebabkan karena rumput ini sering kali digunakan untuk melapisi bagian lapangan golf. Jenis Rumput yang satu ini mempunyai bagian helaian kecil serta pendek, namun dapat tumbuh secara cepat, jadi perlu untuk dipangkas sekali setiap 2 minggu. Tumbuhan yang satu ini memerlukan pencahayaan matahari dengan banyaj 100 persen supaya dapat menjadi tumbuh serta berkembang secara baik.

7. Rumput Gajah Besar

Rumput gajah besar mempunyai tekstur yang kasar serta helaian daunnya memiliki ukuran paling besar dibandingkan dengan varian rumput gajah yang lain. Memiliki ukuran yang besar serta tekstur yang kasar menjadikan rumput yang satu ini menjadi kuat dan tahan lama. Proses dalam perawatannya lumayan mudah, yakni hanya perlu disiram sesekali serta memiliki harga yang lumayan terjangkau.

8. Rumput Gajah Mini

Varian rumput gajah dengan urutan berikutnya adalah rumput gajah mini. Sama seperti namanya, jenis rumput yang satu ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan rumpuh gajah besar. Rumput yang satu ini tumbuh dengan tidak terlalu cepat serta memiliki pola pertumbuhan merayap ke samping. Keunggulan yang terdapat pada rumput gajah mini diantaranya adalah bisa tumbuh dengan menggunakan pencahayaan matahari sebesar 50%, hanya membutuhkan sedikit pupuk, serta tahan terhadap injakan kaki manusia. Keunggulan tersebut mrnjadikan rumput gajah mini cocok untuk taman serta tempat untuk bermain anak-anak.

9. Rumput Gajah Mini Varigata

Rumput gajah mini varigata dipercaya menjadi varian yang paling cantik serta unik di antara jenis rumput gajah yang lainnya. Tekstur dan juga memiliki bentuk yang mirip dengan rumput gajah mini, namun terdapat garis-garis putih yang terdapat pada bagian helaian daunnya. Garis-garis putih tersebut menjadikan tampilannya lebih terlihat unik.

Leave A Comment