• Home
  • Cara Membuat Briket Arang Yang Praktis Dan Termudah

Cara Membuat Briket Arang Yang Praktis Dan Termudah

Cara membuat briket arang dari bahan sederhana. Briket arang batok kelapa mempunyai manfaat sebagai energi pengganti pembakaran. Indonesia adalah penyuplai tanaman pohon kelapa terpenting. Hampir sebagian besar di setiap daerah dapat menghasilkan pohon kelapa. Tanaman kelapa sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama sebagai tanaman yang mempunyai berbagai manfaat dan fungsi, dari akar sampai daunnya.

Indonesia berada pada lokasi yang mempunyai iklim tropis yang sangat cocok untuk perkembangbiakan pohon kelapa ini. Keberadaan tanaman pohon kelapa yang sangat banyak sekali di daerah tropis ini dikarenakan pohon kelapa dapat hidup dimana saja walaupun mempunyai bentuk tanah yang berbeda-beda. Tanaman ini banyak sekali di jumpai di daerah pesisir, dataran, dan di daerah pegunungan.

Pemanfaatan Briket Arang

Batok kelapa dapat digunakan untuk bahan bakar secara langsung. Contoh pemanfaatan arang batok kelapa digunakan oleh sebagian pedagang, pedagang ikan bakar, pedagang jagung bakar, dan untuk berbagai bakar lainnya. Selain batok kelapa digunakan sebagai bahan bakar langsung, batok kelapa juga digunakan sebagai penyimpan energi listrik.

Bahan baku arang briket berkualitas baik adalah batok kelapa yang bagian dalamnya sudah tua atau sabutnya sudah kering. Cangkang batok yang berwarna gelap dengan warna bagian luarnya coklat tua dan bagian atasnya yang mengkilap.

Cara Membuat Briket Arang Dari Bahan Sederhana

Cara membuat arang briket dari tempurung memang membutuhkan proses yang lumayan lama, arang briket tempurung kelapa merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang mempunyai banyak keunggulan saat digunakan. Beberapa keunggulan menggunakan briket batok kelapa adalah hemat, ekonomis, aman dan ramah bagi lingkungan.

Proses pengolahan briket ini tidak menggunakan tambahan bahan kimia sehingga pada saat digunakan tidak mengeluarkan asap dan abunya tidak beterbangan. Dengan menggunakan briket ini, Kalian tidak perlu khawatir dengan noda hitam yang di hasilkan oleh briket, karena briket tidak meninggalkan noda pada peralatan yang mengenainya.

Bahan-Bahan :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air

Peralatan :

  • Mesin bubuk arang / mesin diskmill
  • Printer briket
  • Briket oven
  • Mesin pengaduk adonan

Cara Membuat Arang Briket

1. Proses Pengarangan

Batok kelapa dibuat arang menggunakan arang manual dengan tong kemudian dibakar dan ditutup hingga hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang. Arang ini juga dapat menggunakan proses pirolisis, yaitu dimana batok kelapa dimasukkan ke dalam tangki pirolisis tertutup lalu dikondensasikan secepatnya untuk mendapatkan asap cair.

Baca juga : Gamang Banget! Cara membuat arang Briket Batok kelapa yang paling Dicari

2. Proses Pengepungan

Arang yang telah dihasilkan melalui proses pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis kemudian dihancurkan menggunakan bantuan mesin diskmill.

3. Proses Penyaringan

Setelah itu, jika sudah melalui proses penghancuran arang, maka wadah pengayakan dapat menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa diayak menggunakan filter 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Tepung batok kelapa ini kemudian diguncang dengan air dan lem pati. Saat melakukan proses pengadukan ini bisa ditambahkan lem pati sebanyak 2,5% dari tepung tempurung kelapa tadi.

5. Proses Cetak Briket Arang

Jika semua bahan sudah tercampur dengan merata, Selanjutnya, lakukan proses printing menggunakan mesin print.

6. Proses Pengeringan

Keringkan briket yang telah dicetak menggunakan oven pada suhu 650 C kurang lebih selama 2 jam, pengeringan ini dapat menggunakan bantuan sinar matahari. Setelah semua proses telah selesai, briket batok kelapa ini siap untuk dikemas dan dijual.

Jika diolah dengan baik, briket arang ini dapat dijadikan ide bisnis bagi anda yang ingin jadi pengusaha dari briket arang ini. briket arang ini banyak digunakan sebagai bahan bakar pengganti sumber energi dan sebagai bahan lainnya. Salahsatunnya sebagai bahan untuk membakar daging. Itulah cara pembuatan briket arang yang mudah dan praktis yang bisa kalian contoh. Semoga membantu.

Leave A Comment