• Home
  • Resep Sederhana Cara Membuat Santan Dawet Ayu Sendiri Di Rumah
cara membuat santan dawet ayu

Resep Sederhana Cara Membuat Santan Dawet Ayu Sendiri Di Rumah

Cara membuat santan dawet ayu siapa sih yang tidak tau ? anda yang baru pemula juga bisa membuatnya sendiri di rumah bersama keluarga, minuman satu ini tidak kalah dengan dawet – dawet pada umumnya, jadi anda bisa mencobanya sendiri.

Pengertian Dawet Ayu

Jika anda berkunjung ke Banjarnegara, wajib sekali mencoba berbagai kuliner khas yang ada disana. Salah satunya adalah Dawet Ayu khas Banjarnegara. Dawet Ayu merupakan minuman khas Banjarnegara yang di dominasi dengan rasa manis dan gurih santan di dalamnya dan tidak membuat anda menyesal jika meminumnya.

Minuman ini biasanya dijual menggunakan gerobak keliling, atau menggunakan pikulan yang khas untuk berjualan seperti penjual berkaki 5. Pikulan tersebut biasanya disebut angkringan dawet ayu atau bisa di sebut cendol. Dawet ayu khas Banjarnegara ini mulai terkenal karena adanya mobilisasi masyarakat Jawa Tengah pada 1980-an yang membuat dawet ayu ini semakin terkenal.

Saat itu orang-orang di Banjarnegara dan Banyumas diduga membuat dawet dimanapun mereka tinggal karna memang udah kebiasaan. Dari situ lah Dawet Ayu Banjarnegara ini mulai dikenal masyarakat di daerah lain seperti jabar dan jatim atau selebihnya. Dawetnya sendiri dibuat dari rebusan tepung beras dan biasanya berwarna hijau karna cendol biasanya hijau. Warna hijau tersebut diperoleh secara alami dari hasil perasan dari daun pandan yang di olah.

Dawet Ayu menggunakan gula kelapa sebagai pemanis, ditambah dengan santan yang alami dari perasa buah kelapa segar yang di ambil langsung dari kelapanya.

Cara Membuat Santan Dawet Ayu

Anda bisa melihat resep saya di bawah ini untuk membuat santan dawet ayu dengan mudah dan sederhana, tidak begitu sulit untuk membuatnya sendiri bagi anda yang pemula.

1. Santan Dawet Ayu

cara membuat santan dawet ayu

Dawet ayu santan adalah minuman yang enak apa lagi jika di kasih es pasti lebih enak lagi saat cuaca panas seperti ini.

Bahan – Bahan :

  • 100 ml air sari daun pandan
  • 250 gram tepung tapioka
  • Es batu secukupnya
  • 600 ml air mineral

Bahan Santan :

  • 3 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
  • Santan 1/4 liter, bisa juga pakai santan kara kalau punya

Bahan Gula Merah :

  • Air mineral secukupnya
  • 50 gram gula pasir
  • 500 gram gula merah aren, disisir

Anda bisa menggunakan mesin parut santan jika anda ingin memarut santan anda sendiri untuk membuat dawet ayu tanpa membeli santan di pasar.

Cara Membuat Santan Dawet Ayu :

  1. Campurkan tepung beras dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit, daun pandan serta air. Aduk rata sampai semuanya tercampur dengan halus, lalu rebus sampai semuanya mengental.
  2. Cetak adonan dawet dengan cetakan yang sudah di siapkan, kerjakan sampai adonan semuanya habis.
  3. Letakkan wadah yang berisi air hangat dibawah cetakan dawet supaya hasil cetakan dawetnya bagus dan tidak menggumpal kemudian sisihkan.
  4. Membuat kuah santannya yaitu dengan merebus santan dengan api sedang, kemudian rebus santan, daun pandan serta garam sampai semuanya mendidih dengan di aduk agar santannya tidak menggumpal, kemudian angkat dan dinginkan, kemudian sisihkan.
  5. Membuat larutan gula merahnya yaitu dengan cara merebus air, gula merah serta gula putih hingga semuanya mendidih dengan merata. Kemudian aduk dan dinginkan.
  6. Jika semuanya sudah selesai, anda dapat menyajikan es dawet ayu yaitu dengan menyiapkan gelas, lalu masukkan dawet secukupnya dengan di siram kuah santan dan tuangkan larutan gula merah dengan perlahan dan tambahkan es secukupnya dan sajikan ke pada keluarga anda.
  7. Es dawet sudah jadi.

Jadi gimana ?apakah anda tertarik dengan resep di atas ini ? jika anda tertarik anda bisa mencobanya di rumah dengan keluarga anda atau teman anda untuk mengisi waktu luang anda karena masih pandemi. Anda juga bisa melihat resep saya resep bumbu ayam gulai kampung berikut ini.

Leave A Comment