• Home
  • Manfaat Dari Rumput Teki

Manfaat Dari Rumput Teki

Manfaat Dari Rumput Teki

Rumput teki memiliki beraneka macam manfaat, apa saja manfaat dari rumput teki? berikut ini merupakan ulasan selengkapnya!

Pengertian Rumput

Rumput atau dalam bahasa Inggris disebut dengan grass merupakan tumbuhan dengan jenis monokotil yang mempunyai daun memiliki bentuk sempit berbentuk runcing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput sering sekali ditanam untuk menjadi tanaman hias, tanaman obat, maupun pakan ternak. Akan tetapi di sisi lain, rumput yang tumbuh di area lahan pertanian memiliki sifat mengganggu pada saat proses pertumbuhan tanaman utama sehingga sering disebut juga dengan tanaman yang mengganggu (gulma). Beberapa contoh rumput yang umum ditanam di Indonesia diantaranya adalah rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, rumput manila, rumput teki, rumput kucai, serta rumput ilalang.

Manfaat Dari Rumput Teki

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Disebabkan karena sifatnya yang bisa membuat cepat proses dalam membekukan darah maka rumput yang satu ini dapat dipakai untuk melakukan pengompresan luka. Caranya juga dapat dilakukan dengan mudah, tumbuk kasar pada bagian batang serta daun rumput, kemudian kompreskan pada bagian luka sampai rumput terasa menjadi kering. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air mengalir sampai bersih. Lakukan beberapa kali sampai dengan luka menjadi sembuh.

2. Meredakan Sakit Menstruasi

Siklus bulanan yang terjadi pada wanita seringkali dirasakan tidak mudah, apalagi jika kalian menjadi selalu merasakan nyeri. Akan tetapi, jangan merasa kuatir. Resep alami yang berasal dari umbi rumput memiliki khasiat untuk membuat reda sakit pada saat menstruasi. Caranya dengan mencuci bersih umbi rumput, haluskan kemudian rebus sampai menjadi mendidih. Saring air rebusan serta minum airnya dengan cara teratur. Bahkan, jika tamu bulanan datang dengan cara yang tidak teratur, resep ini juga dapat menjadikan haid datang lebih teratur.

3. Mengobati Gangguan Pencernaan

Jika kalian mempunyai masalah tentang sistem pencernaan antara lain adalah diare, nyeri lambung, dan lainnya, rumput ini dapat dijadikan sebagai solusi masalah kalian. Umbi rumput yang satu ini memiliki kandungan senyawa aktif serta enzim yang dapat melakukan perangsangan terhadao reaksi biokimia yang berfungsi untuk bagian sistem pencernaan. Cara dalam proses pengolahannya sama seperti poin yang berada di atas, cukup dilakukan perebusan, serta konsumsi air rebusannya. Dengan memakan umbi rumput yang satu ini, gangguan pencernaan dapat diatasi secara baik.

4. Membuat Lancar Saluran Urin

Tak cuma itu saja, air rebusan umbi rumput yang satu ini, juga dapat mengobati gangguan kencing batu. Saluran urin yang terhambat disebabkan karena penggumpalan garam yang satu ini dapat menjadi lancar kembali disebabkan karena air rebusan umbi rumput ini yang bersifat diuretik maupun membuang kelebihan garam serta air yang berada dalam tubuh.

5. Membuat Halus Kulit

Manfaat satu ini sangat digemari oleh kaum hawa. Ekstrak rumput yang sudah dibuat dan dijadikan sebagai minyak dapat berfungsi supaya membuat cerah bagian kulit. Lebih dari itu, akar rumput mempunyai sifat sebagai anti penuaan bagi kulit serta dapat membuat hilang flek hitam pada bagian wajah. Sebelum tidur, oleskan minyak rumput pada bagian kulit tangan, kaki serta bagian yang berubah menjadi hitam seperti kalian sedang memakai lotion. Biarkan khasiatnya menjadi bekerja dengan maksimal dalam waktu semalaman selagi kalian tidur.

6. Membuat Reda Demam

Umbi rumput memang menyimpan banyak sekali manfaat yang berada dalam kandungannya, salah satunya adalah membuat reda demam. Hal ini disebabkan karena umbi rumput dapat menjadi perangsang keluarnya keringat yang berada pada bagian dalam tubuh sehingga membantu dalam membuat normal kembali suhu tubuh pada saat kondisi demam. Tak perlu repot, haluskan umbi rumput serta campurkan dengan menggunakan sedikit air. Bungkus dengan memakai kain tipis kemudian kompreskan pada bagian ketiak maupun lipatan lainnya.

7. Membuat Lancar BAB

Susah dalam melakukan BAB? Jangan kuatir, kalian dapat memakan umbi rumput yang telah diolah dijadikan sebagai bubuk. Ambil satu hingga dua sendok teh bubuk umbi rumput dengan menggunakan 400ml air, rebus sampai air menyentuh hingga 200 ml. Saring dan minum setelah berubah menjadi hangat. Jika perlu, kalian dapat mencampurnya dengan menggunakan 60 gram akar alang-alang dalam rebusan. Dengan mengonsumsi dengan cara teratur, urusan BAB bukan merupakan suatu masalah lagi.

8. Menghilangkan Sakit Gigi

sakit gigi memang dapat menjadi sangat menganggu. Berita baiknya, ramuan yang berasal dari rumput yang satu ini dapat membuat reda sakit gigi kalian. Caranya adalah dengan menghaluskan umbi rumput kemudian seduh dengan menggunakan 200 ml air panas. Setelah berubah menjadi hangat, tambahkan dengan memakai sedikit madu serta minum airnya.

9. Merontokkan Ketombe

Haluskan bagian daun serta batang rumput, kemudian beri tambahan berupa minyak kelapa. Campurkan sampai seluruh bahan menjadi satu dengan baik. Kalian dapat memakainya untuk menjadi masker rambut dengan cara balur secara merata dari kulit kepala sampai dengan ujung rambut. Diamkan dalam waktu beberapa saat kemudian bilas sampai menjadi bersih. Ramuan yang satu ini juga efektif untuk melakukan pencegahan rambut rontok serta merangsang pertumbuhan rambut dan juga aman dipakai oleh bayi.

10. Mengontrol Kolesterol Dalam Darah

Beberapa penelitian memperlihatkan jika senyawa bioaktif yang dijumpai pada rumput mempunyai khasiat untuk membuat turun kadar kolesterol jahat yang berada dalam tubuh serta menaikkan tingkat trigliserida. Kandungan ekstrak alkoholnya juga dapat membuat turun risiko hipertensi. Caranya adalah dengan rebus daun serta batang rumput. Minum air rebusannya dengan cara teratur setiap hari.

11. Membuat Reda Lebam

Kulit biru lebam disebabkan karena terbentur umumnya sering dialami anak-anak yang terlalu heboh pada saat bermain. Supaya dapat membuat hilang, pakailah rumput yang masih dalam kondisi segar. Cuci bersih serta giling atau membuatnya menjadi memar, kemudian tempelkan pada bagian yang berubah menjadi biru. Tidak hanya itu, jika terdapat kuku yang dalam kondisi bengkak, kalian juga dapat melakukan penumbukan halus pada bagian umbinya kemudian bungkus dengan menggunakan daun. Panaskan dengan cara mengukusnya dalam waktu sebentar saja. Balut kuku yang sakit dengan menggunakan tumbukan umbi yang masih dalam kondisi hangat. Kalian dapat memakainya dengan kain kasa serta perekat supaya balutannya menjadi rapi.

Leave A Comment